Selasa, 24 Maret 2009

PENDIRI AHMADIYAH MIMPI SEBAGAI ALLOH

. Selasa, 24 Maret 2009




رَأَيْتُنِي فِى الْمَنَامِ عَيْنَ اللهِ
(Ra’aitunii fil-manaami ‘ainAlloh)
Artinya: Aku melihat diriku sebagai Alloh dalam mimpi (Ainah Kamalati Islam, hal. 564, dan Kitabul-Bariyah, hal. 79)

Sebagian Ulama keberatan mempercayai kebenaran wahyu tersebut, bahkan menuduh beliau membuat-buat yang diatasnamakan dari Alloh SWT.

Jawaban Ahmadiyah:
a. Perlu dingat bahwa pemandangan ini dilihat dalam mimpi dan menganggap mimpi sebagai suatu peristiwa lahiriyah adalah kezhaliman, contoh mimpi Nabi Yusuf ‘alaihis salam.
إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَاأَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ
Ingatlah, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah melihat 11 bintang, matahari dan bulan aku lihat mereka itu sujud kepadaku (Yusuf, 12:5)1

Jika ada Ulama menyatakan: “Sesuatu yang dilarang diwaktu jaga, dalam mimpipun seorang Nabi tidak boleh melakukan itu”, untuk menjawab pernyataan tersebut perlu memperhatikan berikut ini:

i. Dalam Hadits riwayat Muslim tertulis bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
رَأَيْتُ فِى يَدَيَّ سَوَارَيْنِ مِنْ ذَهَبٍ
Artinya: Aku melihat pada dua tanganku dua buah gelang emas.

ii. Dalam Hadits riwayat Al-Bukhari, kitabur Ru’yah, babun-nafhi fil-manam, jilid IV, hal. 134, dan Jilid II, hal. 49, Cetakan Ilahiyah, Mesir tertulis:
ِإنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بَيْنَ أَنَا نَائِمٌ رَأَيْتُ فِى يَدَيَّ سَوَارَيْنِ مِنْ ذَهَبٍ
Sesungguhnya Rosululloh shallAllohu ‘alaihi wa sallam bersabda: Di waktu tidur aku melihat dua gelang emas pada dua tanganku.

Memakai emas bagi seorang laki-laki diharamkan dalam keadaan jaga, apakah dalam mimpi juga diharamkan? Lalu bagaimana dengan mimpi Nabi kita Muhammad SAW tersebut?.

iii. Berkenaan dengan Hadhrot Imam Abu Hanifah rahmatullah ‘alaihi, Hadhrot Syekh Fariduddin Ath-Thar rahmatullah ‘alaihi berkata:

• Pada suatu malam Imam Abu Hanifah rahmatullah ‘alaihi melihat dalam mimpi bahwa beliau sedang mengumpulkan tulang-belulang Hadhrot Rosululloh shallAllohu ‘alaihi wa sallam dari dalam liang lahat. Sebagian tulang-tulang itu beliau senangi dan sebagian lagi beliau buang. Dikarenakan dahsyatnya mimpi itu beliau terbangun dan menceriterakan mimpinya itu kepada salah seorang teman Ibnu Sirin rahmatullah ‘alaihi. Beliau menjawab bahwa mimpi itu sangat beberkah, yaitu tuan akan memiliki ilmu Rosululloh shallAllohu ‘alaihi wa sallam dan menjaga sunnah beliau sedemikian rupa, sehingga tuan dapat memisahkan antara yang sahih dan yang tidak sahih. (Tadzkiratul Auliya, bab XVIII, hal. 145-146, diterbitkan oleh Syeh Barkat Ali And Suns, cetakan Ilmi Pers Lahore dan Zhahirul-Asfiya, Terjemahan Urdu Tadzkiratul-Auliya, hal 182, diterbitkan Haji Ceraaghdiin Siraj diin, cetakan Jalal Printing Pers Lahore).

• Berkenaan dengan ini pula seorang alim bernama Daata Ganj Bakhsys menulis: ‘Maka pada suatu malam Imam Abu Hanifah rahmatullah ‘alaihi melihat dalam mimpi bahwa beliau sedang mengupulkan tulang-belulang beberkah Hadhrot Rosululloh shallAllohu ‘alaihi wa sallam dari liang lahat dan sebagiannya beliau ambil. Karena dahsyatnya mimpi itu, beliau terjaga dari tidurnya. Beliau menanyakan ta’birnya kepada salah seorang sahabat Muhammad Ibnu Sirin rahmatullah ‘alaihi, maka beliau menjawab: ‘engkau akan mencapai derajat yang sangat agung di dalam memelihara ilmu dan sunnah Yang Mulia Rosululloh shallAllohu ‘alaihi wa sallam. Sehingga engkau akan mendapatkan kemampuan sedemikian rupa untuk membedakan yang sahih dan yang salah’ (Kasyful-Mahjub, Terjemahan Urdu, diterbitkan oleh Syeh Ilahi Baskhsy Muhammmad Jalaluddin, Taajraane Kutub, Kasymiri Bazar Lahore tahun 1322 H, hal. 106)

Membongkar kuburan Nabi Muhammad SAW adalah perbuatan yang diharamkan dalam Islam, apalagi membuang sebagian tulang-tulang beliau. Namun kalau peristiwa itu terjadi dalam mimpi, apakah juga berarti Imam Abu Hanifah rahmatullah ‘alaihi berdosa?

b. Pendiri Jamaah Islam Ahmadiyah ‘alaihis salam menulis tentang ta’bir mimpi itu: ‘Kenapa kalian mengabaikan ta’bir itu?’.
وَلاَ نَعْنِي بِهذِهِ الْوَاقِعَةِ كَمَا يُعْنَى فِى كُتُبِ أَصْحَابِ وَحْدَةِ الْوُجُودِ وَمَا نَعْنِي بِذَلِكَ مَا هُوَ مَذْهَبُ الْحُلُولِيِّينَ بَلْ هذِهِ الْوَاقِعَةُ تُوَافِقُ حَدِيثَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَعْنِي بِذَلِكَ حَدِيثِ الْبُخَارِيِّ فِى بَيَانِ مَرْتَبَةِ قُرْبِ النَّوَافِلِ لِعِبَادِ اللهِ الصَّالِحِينَ
Artinya: Kami tidak memaknakan peristiwa ini sebagaimana yang dimaknakan dalam kitab-kitab para pengikut Wihdatul-Wujud (yakni aku sendiri adalah Tuhan), dan kami tidak memaknakan hal itu seperti pendapat para Hululiyin (Tuhan menitis dalam diriku), bahkan peristiwa ini sesuai dengan Hadis Nabi kita Muhammad shallAllohu ‘alaihi wa sallam, yaitu Hadits riwayat Imam Al-Bukhari tentang penjelasan martabat hamba-hamba Alloh yang shaleh yang berusaha mendekatkan diri kepada Alloh subhanahu wa ta’ala dengan melakukan ibadah nafal.

Maksud Hadits tersebut adalah seorang hamba-Ku yang berusaha mendekatkan diri kepada-Ku dengan mengerjakan ibadah nafal, maka Aku akan mencintainya, apabila Aku telah mencintainya maka Aku akan menjadi telinganya yang dengannya ia mendengar, Aku akan menjadi matanya yang dengannya ia melihat, Aku akan menjadi tangannya yang dengannya ia memegang, Aku akan menjadi kakinya yang dengannya ia berjalan (Al-Bukhari, kitabur-riqaq, babut-Tawadhih, jilid IV, hal. 80, cetakan Mathbu’ Ilahiyah Mesir)

c. Juga terdapat di dalam Ta’tirul-Anam fi Ta’biril-Manam, hal. 9, karya Allamah Sayid Abdul Ghani An-Nablusi, cetakan Mesir; Kitab ini adalah yang terbaik dalam ta’bir mimpi:

مَنْ رَأَى فِى الْمَنَامِ كَأَنَّهُ صَارَ الْحَقَّ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى اِهْتَدَى إِلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيمِ
Artinya: Seorang yang melihat dalam mimpi bahwa ia seolah-olah menjadi Tuhan, maka artinya ialah Alloh Subhanahu wa ta’ala akan segera menyampaikannya ke tujuan petunjuk.(kutipan ini terdapat pada kitab Ta’birul-Anam, cetakan Mathba’ Ijazi, Kairo, hal. 90).

Pendek kata mimpi Pendiri Jamaah Islam Ahmadiyah yang telah melihat dirinya sebagai Alloh dalam mimpi tersebut mengisyaratkan bahwa Alloh subhanahu wa ta’ala berkenan membimbingnya di jalan yang benar. Hal ini akan dapat dimengerti jika kita membaca buku-buku beliau yang mengungkap kemajuan, kebaikan dan keindahan agama Islam yang pernah diajarkan dan dicontohkan nabi kita Muhammad shallAllohu ‘alaihi wa sallam.

---------------------------------------------------------
Catatan:
1. Penulisan nomor ayat Al-Quran dalam makalah ini berdasarkan Hadits Nabi Agung Muhammad shollallohu ‘alaihi wa sallam riwayat sahabat Ibnu Abbas rodhiyallohu ‘anhu yang menunjukkan bahwa basmalah pada setiap awal surat adalah ayat pertama surat itu.
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَعْرِفُ فَصْلَ السُّوْرَةِ حَتَّى يَنْزِلَ عَلَيْهِ بِسْمِ اللهِ الرَّحمْـاـنِ الرَّحِيْمِ
Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam tidak mengetahui pemisahan surat itu sehingga bismillaahir-rochmaanir-rochiim turun kepadanya.” (HR Abu Daud, “Kitab Sholat”; dan Al-Hakim dalam “Al-Mustadrok”)

0 komentar:

 
Taman Islam is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com